
Sketchware Guide | Component - Panduan Sketchware 004
Sebagai salah satu elemen penting untuk sebuah program aplikasi, Component pada aplikasi Sketchware kini diperbanyak sehingga kita dapat membuat aplikasi yang lebih kompleks dan tentunya dapat kita tambah dengan Component tambahan yang kita buat sendiri untuk aplikasi kita.
Meskipun di versi sebelumnya kita juga dapat menambahkan sendiri elemen Component, namun kita akan terbatas dengan penyematan fitur pendukung untuk Component yang kita butuhkan kecuali kita memang orang yang ahli dalam membuat sebuah program aplikasi.
Pembahasan mengenai Component ini akan sangat panjang jika saya jelaskan terlalu detail, maka dari itu pembahasan Component ini akan saya bagi dalam beberapa halaman pada objek atau opsi yang memiliki banyak lagi pilihan lainnya. Jadi untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai pembahasannya.
Menambahkan Komponen
Kumpulan komponen pada gambar thumbnail diatas bisa kita akses dalam dua metode. yang pertama yaitu dengan mengakses tabel Component pada Halaman editor selanjutnya klik ikon tambah pada tombol mengambang yang ada di sisi kanan bawah layar maka akan muncul dialog yang menampilkan kumpulan komponen seperti yang terlihat pada thumbnail diatas.
Metode kedua untuk menambahkan Component ini yaitu melalui halaman manapun yang bisa kita gunakan untuk menyusun blok, caranya sama seperti saat kita akan menambahkan blok yaitu Klik icon puzzle pada tombol dibagian bawah maka akan muncul opsi memilih blok, kemudian geser kebawah cari dan pilih opsi Component, disana sudah terdapat blok bawaan yang secara default ditambahkan pada list blok komponen untuk mendukung blok-blok komponen yang akan kita tambahkan, selanjutnya dibagian paling atas ada opsi Add Component silahkan klik opsi tersebut maka akan muncul dialog yang berisi kumpulan komponen seperti pada tampilan thumbnail diatas.
Setelah opsi komponen terbuka silahkan pilih komponen yang ingin kita gunakan atau sesuaikan dengan kebutuhan program maka akan muncul input teks untuk menambahkan nama pada komponen silahkan beri nama komponen dengan nama apa saja terserah, lalu klik Add jika sudah maka komponen beserta bloknya akan ditambahkan pada blok list komponen. Setiap komponen memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing dan disini saya akan mencoba menerangkan fungsi dan kegunaan dari masing-masing komponen tersebut.
Intent
Yang pertama ada komponen intent yang mana kegunaan komponen ini sangat berkaitan dengan Aktivitas atau perpindahan antara aktivitas satu dengan aktivitas lainnya, tanpa komponen ini kamu tidak dapat berpindah aktivitas dan komponen ini biasanya akan digunakan pada tombol aksi atau pada sebuah opsi yang akan membawa pengguna pada aktivitas tujuan. lebih lengkap tentang Intent.
SharedPreFerences
Selanjutnya ada komponen SharedPreFerences, komponen ini bisa kita gunakan untuk menyimpan singel data sementara pada penyimpanan data lokal aplikasi, data yang disimpan pada komponen ini dapat digunakan multi aktivitas dengan cara menambahkan komponen yang sama di aktivitas lain dengan nama dan kunci yang sama. lebih lengkap tentang komponen SharedPreFerences.
Calendar
Calendar merupakan salah satu komponen penting yang dapat kita gunakan untuk banyak keperluan yang berhubungan dengan tanggal dan waktu, contoh kecil yang dapat kita lakukan menggunakan komponen ini yaitu ketika kita membuat aplikasi catatan kita dapat menambah tanggal pembuatan catatan agar pengguna dapat mengingat kapan catatan tersebut ditulis. lebih lengkap tentang Calendar.
Vibrator
Komponen selanjutnya adalah vibrator yang mana komponen ini bisa kita gunakan pada beberapa opsi yang membutuhkan aksi getaran ketika dioperasikan contoh seperti aksi klik, drop atau lainnya. kegunaan lainnya untuk komponen ini dapat kamu temukan sendiri nanti seiring berjalannya proses pembuatan aplikasi yang kamu bangun karena pada dasarnya komponen ini tidak terlalu banyak dibutuhkan namun tetap penting bagi aplikasi yang kita buat.
Timer
Komponen ini juga akan sering kita gunakan selama kita membangun aplikasi, karena akan banyak opsi maupun aksi yang akan membutuhkan komponen ini sebagai pendukung. dengan komponen ini kita dapat mengatur waktu terjadinya suatu aksi yang ingin kita tetapkan, contoh kecil penggunaan komponen timer bisa kita baca pada artikel SplashScreen yang mana komponen ini bekerja untuk mengalihkan Activity satu ke Activity tujuan secara otomatis dalam waktu yang telah kita atur. baca penjelasan lengkap mengenai Timer Component.
Dialog
Yang ke enam ada komponen dialog, komponen ini bisa kita gunakan untuk menampilkan pesan, peringatan ataupun pilihan yang ditampilkan dalam bentuk dialog, contoh kecilnya seperti saat menghapus suatu objek, disinilah kita perlu menggunakan komponen ini karena kita dapat menambahkan pilihan terlebih dahulu sebelum penghapusan tersebut terjadi, dialog akan menampilkan pilihan Ya Atau Tidak untuk mengkonfirmasi tindakan yang dilakukan, tujuannya ialah untuk mencegah adanya tindakan yang tidak disengaja. Baca selengkapnya tentang Dialog.
MediaPlayer
Komponen berikutnya ialah dukungan untuk memutar media dalam bentuk suara maupun visual, komponen yang satu ini akan sangat dibutuhkan pada aplikasi yang biasanya memuat banyak suara seperti game, pemutar musik dan video. pembahasan lengkap tentang MediaPlayer Component ini bisa kamu baca disini.
SoundPool
Selanjutnya ada komponen SoundPool yang mana komponen ini sama halnya dengan komponen MediaPlayer diatas yaitu berfungsi untuk memutar media namun dalam skala yang lebih kecil, komponen ini bisa kita gunakan untuk memutar suara pendek seperti sound efek yang durasinya hanya beberapa detik lebih tepatnya soundpool ini bisa kita manfaatkan untuk menambahkan suara pada aksi klik yang mana suara klik hanya berdurasi sepersekian detik namun dapat diulang pada setiap klik yang dilakukan. lebih lengkap tentang menggunakan SoundPool.
ObjectAnimator
Komponen berikut ini yaitu ObjectAnimator yang mana komponen ini dapat kamu gunakan untuk menambahka animasi gerakan sederhana pada objek yang dipilih, contoh kecil dari penggunaan ObjectAnimator ini seperti gerakan tombol atau teks saat diklik dan bisa juga sebagai adegan slide dari arah manapun saat memunculkan gambar atau objek lainnya. lebih lengkap tentang penggunaan ObjectAnimator.
Camera
Selanjutnya adalah komponen Camera, komponen ini sudah pasti berhubungan dengan kamera dan contoh kecil dari penggunaan komponen ini pastinya sebagai akses untuk membuka kamera dan bisa juga digunakan untuk aplikasi QR Scanner yang sudah pasti membutuhkan akses kamera.
FilePicker
Komponen berikutnya adalah FilePicker, komponen ini digunakan untuk memuat / mengangkut berbagai file dari jalur penyimpanan ponsel. File yang dapat dimuat oleh komponen ini ialah gambar, suara dan file-file jenis lainnya yang kemudian dapat ditampilkan di aplikasi kita. Lebih lengkap tentang FilePicker.
GyroScope
Sesuai dengan namanya komponen ini dapat memberikan fitur gyroscope pada aplikasi yang berbasis navigasi seperti map maupun game yang menggandung unsur navigasi didalamnya. Namun meskipun demikian fitur ini hanya kompatibel pada perangkat yang mendukung saja karena untuk saat ini tidak semua ponsel memiliki fitur gyroscope.
Firebase DB
Selanjutnya adalah komponen Firebase DB atau Data Base. Sesuai dengan namanya komponen ini bisa kita manfaatkan untuk keperluan penyimpanan berbasis data seperti data kependudukan atau rincian data perorangan dan list data lainnya. Untuk menggunakan komponen ini ada konfigurasi tambahan yang harus kita aktifkan di pengaturan Sketchware dan tentunya kita juga harus memiliki akun FireBase untuk dapat disinkronkan antara akun dan aplikasi.
Firebase Auth
Komponen yang satu ini juga berkaitan dengan yang sebelumnya, hanya saja Firebase Auth ini digunakan untuk menyimpan list akun pengguna yang telah didaftarkan. simpelnya komponen ini adala komponen pendukung untuk menyimpan akun yang login pada aplikasi kita untuk keperluan authentikasi.
Firebase Storage
Masih berkaitan dengan dua komponen diatas, Firebase Storage bisa kita gunakan untuk menyimpan file baik yang berhubungan dengan data ataupun tidak. kita dapat meng-upload berbagai file seperti suara, gambar, video maupun file-file lainnya. untuk mempelajari tentang pengaitan ketiga komponen FireBase ini bisa kamu baca disini.
Interstitial Ad
Komponen yang satu ini dapat kita gunakan jika aplikasi kita sudah dimonetisasi atau sudah menjadi partner penayang iklan dari Google Admob. komponen ini berfungsi menampilkan iklan dalam bentuk popup atau jendela penuh, biasanya iklan jenis ini akan muncul ketika kita berpinda aktivitas atau bisa juga sesaat setelah aplikasi diluncurkan, namun itu semua kembali pada kita kapan kita ingin menampilkan iklan atau simpelnya tergantung pada pengaturan yang kita terapkan.
TextToSpeach
Komponen ini berfungsi untuk mengubah Teks menjadi suara, fitur seperti ini dapat kita temukan pada aplikasi milik google yaitu textTospeach. Dengan komponen ini kamu dapat menerapkan fungsi yang sama sebagai fitur tambahan untuk aplikasi yang kita buat.
SpeachToText
Jika komponen sebelumnya mengubah teks menjadi suara maka komponen yang satu ini sebaliknya yaitu mengubah suara menjadi teks yang mana fitur ini juga terdapat pada aplikasi TextToSpeach, kamu juga dapat menggunakan komponen ini sebagai fitur tambahan pada aplikasi yang kamu buat.
RequestNetwork
Selanjutnya ada komponen RequestNetwork yang mana komponen ini berfungsi untuk memuat url yang meminta menyertakan heaeder dan opsi lainnya, komponen ini biasanya digunakan untuk aplikasi berbasis online yang mana aplikasi nantinya dapat mengambil akar tampilan dari website yang kita miliki menggunakan kunci api.
BluetoothConnect
Komponen ini dapat kita gunakan untuk membuat fitur koneksi melalui bluetooth juga menghidupkan dan mematikan bluetooth melalui aplikasi yang kita buat. komponen ini mungkin tidak akan terlalu dibutuhkan untuk saat ini, namun untuk beberapa aplikasi yang mengoperasikan fitur bluetooth maka komponen ini akan sangat membantu.
LocationManager
Seperti namanya komponen ini dapat me-menegemen lokasi, komponen ini akan sangat bermanfaat untuk aplikasi yang berbasis navigasi atau aplikasi online lainnya.
RewardedVideoAd
Komponen yang satu ini masih berhubungan dengan komponen sebelumnya yaitu Interstitial Ad yang mana aplikasi kita harus sudah terafiliasi dengan penayang iklan dari Google Admob. Iklan jenis ini dapat kita gunakan sebagai imbalan dari apa yang akan kita berikan pada pengguna aplikasi, misal seperti saat pengguna ingin mendownload file yang kita tawarkan kemudian setelah pengguna menekan tombol download maka iklan akan mucul dalam bentuk video yang berdurasi beberapa detik atau lebih barulah setelah itu pengguna akan mendapatkan yang mereka inginkan.
ProgressDialog
Komponen ini dapat kamu gunakan sebagai dialog yang menampilkan sebuah proses entah itu download maupun upload atau apapun yang membutuhkan proses agak panjang, komponen ini bisa kamu manfaatkan untuk memberi tahu pengguna mengenai persentase proses yang sedang berjalan dalam tampilan dialog
DatePickerDialog
Komponen ini berfungsi sebagai opsi pemilihan tanggal, Dalam bentuk dialog pemilihan tanggal bulan dan tahun ini akan ditampilkan untuk selanjutnya digunakan dan diproses untuk suatu keperluan. contoh seperti saat kita melakukan sebuah registrasi dan memasukan pengaturan tanggal lahir pada aplikasi umumnya.
TimePickerDialog
Sama seperti komponen sebelumnya komponen TimePickerDialog ini juga berfungsi untuk mengatur waktu ata lebih tepatnya pengatur jam dalam bentuk dialog yang nantinya akan diproses aplika untuk suatu keperluan.
Notification
Komponen ini berfungsi untuk berbagai aksi notifikasi yang akan dimunculkan pada panel pemberitahuan ponsel yang bersumber dari aplikasi kita, banyak manfaat dari penggunaan komponen ini baik bagi kita sebagai pengembang maupun bagi pengguna. contoh kecil penggunaan komponen ini ialah memberikan notifikasi proses download yang sedang berjalan atau jika proses download sudah selesai. dan contoh lainnya dapat kita temukan seperti pada aplikasi umum lainnya.
FragmentAdafter
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai adafter untuk sebuah fragmen, Fragmen biasanya akan digunakan untuk menampilkan jendela dari aktivitas lain di aktivitas utama yang sedang dijalankan sehingga dalam 1 jendela dapat memuat banyak tampilan.
Dari banyaknya komponen yang bisa kita gunakan mungkin hanya beberapa saja yang akan sering kita gunakan dan dari berbagai komponen yang sudah saya sebutkan diatas tentunya masih banyak lagi komponen yang bisa bisa kita gunakan namun tidak disertakan dalam aplikasi Sketchware ini, disinilah kita dapat belajar untuk membuat atau memasang sendiri komponen yang kita butuhkan.
Dipembahasan berikutnya saya akan coba membuat tutorial cara membuat atau memasang komponen lainnya yang bersumber dari banyaknya tutorial yang saya temukan di internet.
Post a Comment for "Sketchware Guide | Component - Panduan Sketchware 004"